Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaNasional

Semangat Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka, Inspirasi Kurangi Sampah Plastik

JAKARTA - Berserak tidak tertata, tumpukan sampah plastik di lautan semakin meresahkan, apalagi untuk kepulauan seperti Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.
Meski sampah plastik yang berada di lautan semakin terserak, ada cerita menginspirasi yang bisa dipelajari dari pengelolaan sampah plastik di Pulau Pramuka. Memiliki cita-cita melalui sebuah gerakan Pulauku Nol Sampah, Kampung Berseri Astra (KBA) Pulau Pramuka kian berubah. 
 
Inspirasi kurangi sampah plastik

Kebiasaan lama warga yang kerap kali membuang sampah ke lautan kini berubah menjadi kebiasaan baru yang lebih mencintai lingkungan. Dimulai dengan gerakan tidak lagi membuang sampah sembarangan apalagi membuangnya ke lautan.
Sejalan dengan Gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diluncurkan oleh Astra bertepatan pada ulang tahun ke-63 Februari lalu, Astra mengajak masyarakat luas untuk bersamasama mengurangi pemakaian plastik sekali pakai melalui sebuah gerakan sosial Semangat Kurangi Plastik. Gerakan tersebut salah satunya dilakukan oleh warga di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka.
Tidak hanya belajar membuang sampah pada tempatnya, warga KBA Pulau Pramuka juga belajar untuk memilah cara membuang sampah ke dalam Kotak Semangat Astra yang telah
tersedia. Kotak Semangat Astra disediakan di KBA Pulau Pramuka guna memudahkan penduduk dalam memilah jenis sampah plastik yang dibuang Kotak Semangat Astra merupakan sebuah kotak yang disediakan Astra dan Grup Astra untuk menampung plastik dari masyarakat. Kotak ini akan tersebar di berbagai instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia.
Selain memanfaatkan Kotak Semangat Astra, warga KBA Pulau Pramuka juga saling bahu membahu dan bergerak memanfaatkan sampah plastik menjadi barang jual yang memiliki nilai. “Semangat menjaga lingkungan ibu pertiwi, dipelopori oleh kaum ibu yang terus
berkontribusi tanpa henti,” ujar Mahariah, Pelopor KBA Pulau Pramuka.
Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka yang dipelopori Mahariah merupakan satu dari 87 Kampung Berseri Astra yang tersebar di seluruh Indonesia. Semangat Mahariah dan warga KBA Pulau Pramuka dalam mengurangi sampah plastik sekali pakai untuk kualitas kehidupan yang lebih baik sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad